Kamis, 07 Januari 2010

Pelestarian Budaya Bangsa


Sejak ditetapkannya batik sebagai budaya asli Indonesia oleh dunia global maka kita sebagai warga negara harus bergembira karena budaya kita tidak dicuri oleh bangsa lain. Oleh karena itu ditetapkanlah 2 Oktober sebagai hari Batik. Selain itu, hari Jumat ditetapkan sebagai har batik dunia. Hal ini diberlakukan agar kita menghargai dan melestarikan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita mengingat banyak bangsa lain yang ingin mengklaim batik sebagai budaya mereka.
Sebagai generasi penerus bangsa, kita tidak boleh malu untuk memakai busana kebanggaan. Mungkin ada yang berpendapat kalau batik itu kuno dan tidak bagus untuk bergaul. Anda jangan salah sekarang banyak batik yang dimodifikasi dan tidak kalah saing dengan produk import. Terlebih,desainer-desainer telah memasarkan batik sebagai trendsetter di seluruh dunia.
Penanaman sikap nasionalisme harus ditamkan sejak kecil. Untuk itu banyak pula sekolah-sekolah yang membuat peraturan bagi pengajar dan siswa-siswinya untuk memakai seragam batik di hari tertentu. Ayo terus lestarikan budaya bangsa!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar